counter easy hit

Cara Membuat Design Website yang Interaktif dan Menarik

newsbgt.com – Cara Membuat Design Website yang Interaktif dan Menarik. Website telah menjadi bagian integral dari masyarakat modern karena terdapat berbagai jenis website dengan tujuan dan industrinya masing-masing. Selain memenuhi kebutuhan dan niche yang berbeda, telah terbukti bahwa membuat situs web harus memiliki desain yang lebih menarik. Desain web yang digunakan harus dapat mencerminkan tujuan sebenarnya dari peluncuran website tersebut.

Web design sendiri merupakan proses pengembangan web dalam pembuatan website yang menitikberatkan pada faktor estetika seperti layout, user interface dan gambar visual lainnya untuk menjadikan website lebih menarik secara visual dan user-friendly. Dalam proses desain web, berbagai software dan tools digunakan untuk mencapai tampilan yang diinginkan, seperti Dreamweaver, Photoshop, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat desain yang sukses, desainer web perlu memikirkan audiens mereka, tujuan situs web, dan daya tarik visual dari desain tersebut. Anda tidak bisa membuat website tanpa mempertimbangkan banyak hal karena akan berdampak buruk, misalnya jika Anda membuat website toko online tanpa menyertakan aspek penting penjualan maka pelanggan tidak akan berbelanja di toko online Anda. Selanjutnya mari kita simak cara membuat desain website interaktif yang menarik banyak pengunjung di bawah ini.

Memahami Definisi Design Website

Cara Membuat Design Website

Secara sederhana, desain website adalah proses pembuatan situs web. Desain ini dapat mencakup website e-commerce, website perusahaan, portal berita atau bahkan blog, namun segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan situs disebut desain. Untuk mendesain sebuah website, seorang developer harus menggunakan bahasa pemrograman seperti:

1. Hypertext Markup Language

Tim pengembangan website menggunakan tag HTML untuk membuat struktur situs website yang menggunakan tag seperti <head>, <title>, dan untuk membuat elemen desain tertentu melekat pada area halaman. Di balik layar, ini disebut backend situs.

2. Cascading Style Sheets (CSS)

Kode CSS digunakan untuk mengubah tampilan tag HTML yang baru saja Anda buat. CSS juga dapat mengubah warna, font, dan ukuran tag HTML apa pun. Dengan menggunakan kode ini, Anda dapat secara efektif mengubah tampilan front-end situs web Anda.

Tugas Designer Website dalam Merancang Situs Web

Memiliki desain web yang memiliki tujuan dapat menentukan tujuan situs web atau halaman web dan meningkatkan aksesibilitas bagi semua pengguna potensial. Proses ini melibatkan pengorganisasian konten dan gambar di serangkaian halaman, dan mengintegrasikan aplikasi dan elemen interaktif lainnya. Para profesional yang melakukan proses ini disebut desainer web, dan pekerjaan mereka mencakup tugas-tugas seperti:

  • Menggunakan font yang mudah dibaca
  • Memilih skema warna yang menarik yang juga memungkinkan font yang mudah dibaca
  • Kemampuan untuk menerapkan identitas brand bisnis atau perusahaan ke dalam warna, font, dan tata letak
  • Membuat peta struktur situs web untuk memastikan navigasi yang intuitif
  • Menempatkan gambar, logo, teks, video, aplikasi, dan elemen lainnya dengan strategis
  • Kemampuan menggunakan bahasa pengkodean, seperti HTML dan CSS, untuk membuat tata letak dan menata halaman
  • Membuat versi situs web dan halaman yang dioptimalkan untuk tampilan desktop dan seluler

Cara Membuat Design Website yang Interaktif dan Menarik

Desain website dapat menjadi bagian dari presentasi bisnis yang kuat sekaligus menjadi tulang punggung menjalankan bisnis e-commerce. Namun, seperti aspek lain dari strategi Anda, strategi ini harus didasarkan pada keputusan yang tepat selama tahap perencanaan dan implementasi. Membuat pilihan yang salah dapat berdampak negatif pada keseluruhan keberadaan online situs website Anda. Faktor-faktor tertentu yang harus dipertimbangkan ketika merancang situs website untuk memastikan kualitasnya. Berikut adalah aspek terpenting dalam mendesain desain website yang interaktif dan menarik.

1. Hindari penggunaan skema warna yang bentrok

Dengan begitu banyak gaya dan warna yang indah di luar sana, tantangannya adalah menentukan tata letak yang sesuai dengan situs web yang Anda desain. Meskipun skema warna yang cerah dan berani merupakan landasan estetika banyak desainer, jika Anda menempatkan terlalu banyak warna terlalu berdekatan, gangguan visual yang dihasilkan akan menguasai desain web lainnya.
Gunakan palet warna sederhana dan warna latar belakang netral. Latar belakang yang lembut membuat contoh warna, seperti warna pada tombol CTA (ajakan bertindak), item menu, atau elemen desain lainnya, lebih menonjol dan mendapatkan perhatian yang layak. Terkadang, yang Anda butuhkan hanyalah latar belakang sederhana berwarna putih, hitam, atau netral agar terlihat bersih dan mudah dipahami pengunjung.

2. Pelajari dan terapkan aturan SEO

Tampaknya mustahil membuat desain web tanpa intervensi SEO. Cara Anda mengatur desain web dapat berdampak besar pada SEO Anda. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang SEO antara lain:
a) Cara menggunakan tag header dengan benar seperti <h1>, <h2> dan <h3>.
b) Bagaimana bagian tautan yang mengidentifikasi laman atau slug tertentu dapat memengaruhi peringkat penelusuran organik.
c) Cara mengoptimalkan gambar untuk mempercepat waktu pemuatan dan mengurangi rasio pentalan, yaitu persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman di situs Anda dan kemudian keluar tanpa melakukan tindakan apa pun.

3. Desain responsif yang ditingkatkan

Ada banyak perangkat dengan ukuran layar berbeda. Tidak peduli bagaimana seseorang mengakses desain web Anda, situs web Anda harus memberikan pengalaman serupa, apa pun yang mereka lihat. Daripada berusaha keras untuk memberikan efek kompleks yang mungkin tidak berfungsi di semua perangkat, lebih baik luangkan waktu untuk meningkatkan UI dan pengalaman pengguna bagi semua orang yang mengunjungi situs Anda dari perangkat berbeda. Mengikuti prinsip desain responsif berarti situs web Anda harus mudah digunakan dan menawarkan pengalaman yang lebih baik di desktop dan perangkat seluler.

4. Gunakan gambar dan video pendukung dengan kualitas terbaik

Gambar dan gambar yang diintegrasikan ke dalam tata letak desain web memiliki dampak besar pada keseluruhan tampilan dan nuansa situs web. Foto yang diambil dengan buruk dengan fokus buram dan komposisi yang meragukan dapat mengurangi kualitas desain terbaik sekalipun. Jika Anda tidak memiliki stok gambar sendiri, menggunakan gambar berkualitas tinggi adalah cara sederhana untuk menyempurnakan desain Anda.
Selain itu, pastikan gambar apa pun yang Anda pilih sesuai dengan konteks konten yang ditampilkan. Jika gambar tidak berhubungan sama sekali dengan bagian penempatannya, Anda mungkin perlu mencari gambar yang lebih sesuai dengan konten. Terakhir, perhatikan jenis file yang Anda gunakan, karena Anda pasti tahu perbedaan JPG dan PNG. Menerapkan jenis file yang benar dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa cepat halaman Anda dimuat.

5. Memahami prinsip-prinsip desain web

Luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar UI, UX, tipografi, komposisi, dan teori warna. Memahami hierarki visual, dasar-dasar teori gestalt, dan rasio emas. Selami aspek desain yang lebih cerdas sehingga Anda dapat langsung mempraktikkannya jika ingin mendesain situs web yang Anda impikan.

Kesimpulan

Sama seperti dunia yang selalu berkembang dengan berbagai inovasi dan pencapaian, desain web juga terus berkembang dengan alat-alat baru dan teknik desain baru. Dengan banyaknya desain web yang menginspirasi, mengapa tidak membuat sesuatu yang tidak biasa? Dorong diri Anda untuk menciptakan sesuatu yang unik atau tidak biasa. Ambil situs web mana pun yang ada dan buat desain ulang Anda sendiri yang memiliki kepribadian berbeda.

Setiap desainer yang baik tahu bahwa keluar dari zona nyaman akan memaksa Anda melakukan pendekatan terhadap pekerjaan desain Anda secara berbeda. Jangan takut gagal. Bahkan jika Anda menjelajah ke bidang desain yang belum dijelajahi, Anda mungkin menemukan karakteristik desain yang belum pernah Anda temukan sebelumnya. Mengingat situs-situs baru bermunculan setiap hari dengan tampilan uniknya masing-masing, kami berharap salah satunya akan menjadi milik Anda suatu saat nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *